Baleo

                                            Pelabuhan Waijarang, Lembata, NTT.


Baleo. .  Baleo. .

Semua orang di bibir pantai itu ramai-ramai serentak berteriak lalu terus bersahut mengalir berdengung di setiap telinga yang mendengar dan kembali berteriak lagi, hingga warga sekampung seketika memenuhi pantai. Teriakan itu semakin riuh dengan jari-jari telunjuk mengarah ke tengah lautan sawu.

Baleo. . Baleo. .

Segerombol paus sedang asik meliuk diatas udara lalu menerkam ke dalam samudera. Hingga hanya semburan air yang tersisa di atas udara. Mungkin itu Sebabnya orang-orang di bibir pantai sana terus berteriak dan menunjuk-nunjuk.

Baleo. . Baleo. .

Suara itu seketika hening. Seiring dengan tibanya pastor dan tokoh-tokoh adat di pantai itu. Di atas bale-bale beratap dedaunan rumbia kering, setiap bibir mulai basah dalam lumat-lumat do’a. Setiap orang mulai mengakhiri do’a di butir-butir terakhir kalung rosario. Dan inilah ritual sebelum penangkapan paus.

Baleo. . Baleo. .

Teriakan itu masih terdengar. Kali ini lebih keras dengan orang-orang yang lebih banyak di pantai itu. Peledang-peledang satu-satu mulai di dorong menuju pangkal samudera. ujung-ujung tempuling mulai berisik bergesekan di atas gerinda, di asah hingga kian tajam. Para lamafa asik beratraksi di pangkal samudera melakukan pemanasan.

Baleo. .  Baleo. .

Teriakan itu selalu saja berkumandang di tepian pantai selatan lembata sepanjang bulan mei hingga oktober. Sepanjang waktu itulah saat-saat dimana gerombolan paus sedang asik-asiknya melakukan perjalanan bermigrasi dari samudera hindia ke samudera pasifik, menyesuaikan diri dengan lingkungan, dari perairan yang dingin ke perairan hangat. Dan lautan sawu menjadi salah satu jalur migrasi itu.

Baleo. . Baleo. .

Suara itu masih saja terdengar, kali ini agak samar beriringan dengan bising mesin perahu motor yang sedang melaju menerpa gelombang. Satu persatu lamafa meliuk diatas samudera menancap tempuling di punggung paus. Ganas gelombang ganas rontahan paus dua kali tantangannya menjadi lamafa.

Baleo – baleo .  .

Seketika lautan bersimbah darah, darah siapa? Entah darah paus atau mungkin darah lamafa. Tak ada yang tahu












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Pengalaman Nusantara Sehat

Proposal Penelitian dan Penulisan Biografi Abd Syukur Ibrahim Dasi oleh ( Tim Penulis: HM Ali Taher Parasiong, MHR. Shikka Songge, Hassan M. Noer)

LAMAKERA